Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keindahan pantai solop Riau

 Pantai solop Riau

Banyak sekali pantai di negeri ini dan pantai Solop menjadi salah satunya mungkin tidak berbeda dari kebanyakan pantai - pantai yang ada di kota - kota. Pantai ini juga ramai pengunjung ketika musim libur.

Lokasi 
Pulau Cawan, Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau
Dari Kota Tembilahan, untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh melalui jalan laut sekitar 1,5 sampai 2 jam. Sedangkan dari Kecamatan Mandah  sekitar 20 sampai 40 menit. Sedangkan dari Pekanbaru Anda dapat menggunakan mobil angkutan umum menuju ke Kota Tembilahan terlebih dahulu, perjalanan dari Pekanbaru ke Tembilahan ini jarak tempuh sekitar 6 sampai 7 jam.

Pantai ini memiliki ciri khas sendiri dari pantai-pantai lain yang ada di dunia. Dimana pasir putihnya dikenal dengan nama pasir sirsak terhampar di sepanjang bibir pantai. Alasan mengapa pantai ini dikenal dengan pasir sirsak karna dalam sejarahnya pasir putih ini bercampur dengan fosil-fosil hewan laut seperti kerang-kerang dan sejenisnya. Pasir ini terbentuk melalui proses kejadian alam yang panjang akibat hempasan gelombang pasang surut. Hal ini menyebabkan pasir ini terdampar di sepanjang kaki pantai. 


Pantai solop, Pulau Cawan, Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau

Hutan mangrove
sepanjang pantai ini anda bisa menikmati pemandangan hutan mangrove di sepanjang perjalanan anda. Keberadaan hutan mangrove ini adalah tumbuhan yang sengaja di tanam oleh masyarakat sekitar. Hutan mangrove ini merupakan hutan bakau yang mengelilingi di sepanjang pantai solop. Selain menikmati keindahan pasir putih seperti putihnya sirsak yang unik di Pantai ini, anda juga dapat menikmati keindahan hutan Mangrove sepanjang mata memandang, yang tidak tertandingi yang mengelilingi Pantai Solop ini. Selain itu Pantai Solop juga dikelilingi oleh pulau-pulau kecil di seberangnya, salah satunya adalah Pulau Sangkar Ayam yang terkenal dengan cerita rakyatnya, yaitu kisah Intan Suri dan Bujang Kelana, serta kekejaman Pendekar Katung.

Hunting foto
Bagi anda yang hobi berfoto dan tengah mencari objek untuk foto / memotret, anda bisa berkunjung ke pantai  ini. Terdapat banyak sekali objek menawan yang bisa anda gunakan / dijadikan objek karya fotografi anda. Seperti, keramaian, keindahan dan lain - lain. Menariknya lagi ketika anda sudah singgah ditempat ini anda akan merasakan pikiran yang membuat anda tak henti mengingat indahnya objek wisata pantai padang ini.

Tak banyak memang yang bisa dilakukan ditempat wisata ini.
Pantai ini merupakan tempat yang ideal bagi pemburu ketenangan. Rimbunan pohon di sepanjang sisi pantai ini membuat suasana menjadi tenang sangat terealisasikan. Banyak alasan untuk Anda agar singgah di pantai ini. Salah satunya adalah adanya garis pantai yang lebar dipantai ini. Berkunjung ke pantai ini, meski saat musim liburan, Anda akan tetap merasa lapang dan tenang.

Selain menawarkan keindahan pantai dan suasana yang tenang, pantai ini menyediakan tempat istirahat untuk anda rehat sejenak. Jika tidak membawa bekal apapun atau lapar saat berada di Pantai ini, anda bisa menikmati sejumlah fasilitas yang ada di sekitar pantai ini. Banyaknya seafood hasil tangkapan nelayan lokal yang bisa anda nikmati langsung ketika berkunjung ke pantai ini menjadi tawaran yang bisa anda coba. pantai ini telah menjadi tempat yang cocok bagi pemburu makanan lezat. Mencicipi kepiting besar, udang windu, tiram, dan berbagai jenis ikan karang yang lezat sambil menikmati indahnya pesona dari pantai ini. Ada banyak pilihan tempat wisata untuk mengisi hari libur atau hanya sekedar menghilangkan penak dan menghilangkan lelah saat bekerja. Ada banyak cottage untuk beristirahat dipinggir. Juga sangat banyak pedagang ikan bakar atau makanan ringan yang ada disekeliling khususnya pada saat musim liburan serta ditemani dengan air kelapa muda yang segar.Terdapat deretan warung ikan bakar dengan menu beragam. Pecinta kopi juga dapat menikmati kopi di warung-warung di danau dan pulau ini. Juga ada kelapa muda, mie rebus dan makanan lainnya. Bangunan pondok yang ada di warung penjajal makanan ini bisa Anda gunakan untuk beristirahat, menyantap makanan, dan merebahkan tubuh. Tiupan angin yang sejuk menambah kenikmatan saat berteduh. Banyak keindahan dan kenikmatan yang bisa kita dapat ketika singgah di pantai ini.
Selain memiliki panorama yang indah , ombak dipantai ini juga tidak terlalu tinggi menjadikannya sebagai salah satu obyek wisata populer bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. 

Kekayaan alam dan tempat wisata memang tidak ada habisnya untuk dibahas termasuk Wisata pantai solop ini. Yang sangatlah sayang untuk dilewatkan apabila anda sedang berwisata di kota ini.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi acuhan destinasi wisata yang layak anda coba. 

Post a Comment for "Keindahan pantai solop Riau"